Jumat, 22 Februari 2013

PULAU ACEH PART II

Tidak ada kata bosanya mengunjungi pulau ini, di samping masyarakat nya yang ramah ramah dan pastinya keindahan pulau dan pantainya juga spot mancing tidak ada duanya, kali ini tim yang berangkat terdiri dari 5 orang, 4 laki-laki dan satu perempuan :

1. Zahrul fuadi (bg andre) ketua tim
      2.  Dina (aboe)
      3.  Fauzan (kire)
     4.  Heri (ceurape)
     5. Yusri (bg yus)

Tgl 17 februari 2013 kami berangkat dari banda aceh menuju pulo Aceh via kapal nelayan di lam pulo, pukul 2 siang kapal bergerak ke pulo aceh sampai di pelabuhan serapong dan gugop pukul 04:30

Pelabuhan Serapong

Pelabuhan Gugop

Setelah sampai kemudian tim memutuskan langsung ke pantai balu dengan berjalan kaki karena tidak ada angkutan umun di sini, sangat berbeda sekali waktu saya pergi dulu tahun 2010 dengan sekarang, listrik sudah bisa di nikmati disini dan bayak pembagunan, jalan juga sudah bagus terasa berjalan kaki ke pantai balu pun dekat kurang dari satu jam kami sampai di pantai balu dan menginap disini semalam, masing masing kami memulai kesibukan ada yg memancing ntuk makanan nati malam dan sebagian lagi medirikan tenda dan masak. Pantai ini adalah pantai favorit saya di pulau aceh karena pantainya luas dan bersih untuk yang suka mancing disini lumanyan bagus tempatnya karna kami makan ikan trus jadinya. dan untuk snorkeling juga sangat bagus di pantai Balu ini.

Pantai Balu

Setelah menginap semalam disini pagi jam 10 kami bergerak ke mercusuar karna kali ini target utama kami adalah mercusuar, siang jam 12 kami sampai di Alu Raya dan tim melanjutkan kembali perjalan dan sampai di rinon pukul 1 siang tim memutuskan makan siang di len bale dan kami pun tiba di len bale sekitar jam 3  siang dan memutuskan beristirahat sebentar disini, bagi  yang suka mincing disini kalian bias mengeluarkan jurus terbaik kalian karena ikannya banyak dan bermacam macam. Di tim kami ada satu orang yang emang gila memancing namanya yusri biasa kami pangil dengan Bg Yus, cukup banyak ikan yg dia dapat sangking asiknya kami lupa kalau waktu sudah sore dan harus melanjutkan perjalanan kembali, namun kali ini jalan yg akan kami lewati sangat berbeda, jalan yang sangat ektrim kalau boleh di bilang, kami melewati pesisir pantai dengan penuh batu dan berjalan di pingir tebing, saya sendiri merasa takut dan sangat berhati hati karna salah melangkah maka ombak yg menghempaskan batu sudah menunggu di bawah, syukur kami bisa melewatinya. 2 jam kami melewati jalan yg penuh beresiko tadi sampailah di Ujoeng Pineung tepat jam 6 petang. Kami memtuskan bermalam disini namun kali ini cuaca tidak bersahabat hujan sangat lebat mengharuskan kami masak di bawah guyuran hujan dan hujan sampai pagi membuat malam kami di pantai ujoeng pineng benar benar suntuk. padahal pantai ini juga sangat bagus bayak batu batu karang.

Pantai Ujoeng Pineung

Pagi selasa jam 11 kami bergerak langsung ke mercusuar karna menurut Fauzan waktu tempuh skitar 2 jam, kali ini perjalan mendaki di mulai dari dermaga Belanda ke puncak mercusuar

Dermaga Belanda

Di sepanjang jalan kami benar benar di buat kagum oleh bagunan bangunan yg di buat oleh belanda, disini bayak situs sejarah dan masih terjaga dengan baik dan kemudian tibalah kami di mercusuar, perjalan yang melelahkan akhirnya sampai juga di mercusuar tepat pukul 12:30 dan disambut sangat ramah oleh bg bebeng dan kawan kawan nya, mereka adalah penjaga lampu mercusuar tersebut. Kali ini kami disajikan makan siang khas mereka yaitu nasi dengan indomi cabe merah yg sangat pedas makan siang pun sangat asik karena saling menceritakan hal yangg lucu lucu. Aku sendiri sangat lucu waktu bg bebeg menyebutkan ketua tim kami Bob marli aceh, karena bg andre dengar rambut gondrong kriwil kriwilnya. Mereka sangat ramah sampai di desak supaya kami nginap di mercusuar semalam.

Mercusuar

Jam 4 sore kami memutuskan untuk melanjut kan perjalanan pulang tapi kami tidak pulang lewat gugop lagi karna jauh. Tapi kami pulang dari Meulingge, di perjalanan kami bertemu dengan bg Adi dia bru pulang berkebun kami pun menayakan tentang kapal yg pulang ke banda aceh namun kata bg adi kalau besok tidak ada kapal tapi besok nya lagi ada tapi mesti naik lewat rinon kampung yg sempat kami lewati kemarin, tapi berhubung bg adi pun mau kebanda maka kami di ajak singgah kerumah dia biar nanti pulang sama sama ke banda aceh

Pantai Meulingge

Rabu malam kami di jemput oleh toke adnan dengan mobil L-300 dia pemilik bot yg akan berangkat besok subuh, kami menghabiskan malam di pelabuhan rinon dengan bakar bakar ikan ada beberapa nelayan yg berikan kami ikan hasil tangkapan dan di tambah hasil memancing dari kami sendiri, ini malam yg sangat indah karena malam terakhir di pulo aceh, jam 5 subuh kami pun meninggalkan pulo aceh dengan rasa rindu yg mendalama karena banyak kenangan selama 4 hari.